Wednesday 12 October 2016

The Food was Not Dikonsumsi oleh Anak

Doktorsehat007-Makanan merupakan energi utama yang dimiliki oleh setiap orang. Energi berupa makanan yang diolah dalam tubuh. Bagaimana jika anak tidak mengkonsumsi makanan yang sehat? Yang tidak dapat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi anak dapat mengakibatkan penyakit bagi kesehatan anak. Berikut merupakan makanan dan minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi bagi anak-anak :

  • Nugget Ayam, Nugget ayam merupakan makanan yang sebenarnya enak dan melezatkan. Akan tetapi hati-hati dalam mengkonsumsi nugget ayam. Pada tahun sebelum 2015, sebuah perusahaan McDonalds pernah digugat karena nugget yang dibuat bukan dari ayam. Melainkan nugget dari bahan sintetis, jagung, gula, dan lainnya. Jadi sangat berbahaya bagi kesehatan anak.
  • Minuman Soda, Anak-anak lebih tertarik dan suka dengan minuman yang bersoda. Rasa dari soda yang menyenangkan membuat anak-anak tertarik. Minuman soda berbahaya apabila dikonsumsi oleh anak-anak, walaupun hanya sekali. Penyakit jangka panjang yang diderita dapat berupa diabetes dan sakit jantung yang diawali dengan obesitas. Jadi, minuman soda juga merupakan minuman berbahaya.
  • Minuman Olahraga, Dengan mengkonsumsi minuman olahraga dapat membuat sehat. Namun menurut seorang peneliti di Amerika, yang menyimpulkan bahwa minuman olahraga mengandung kalori, dan gula yang sangat tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan anak.
  • Kopi, Merupakan minuman populer yang banyak dikonsumsi dengan kandungan gula dan kafein yang tinggi. Anak-anak tidak diperuntunkan meminum kopi yang dapat mempengaruhi pola tidur dari anak tersebut. Dapat diganti dengan minuman sehat seperti, air putih, susu, dan minuman yang rendah gula.
  • Burger, Burger merupakan makanan barat yang sedang populer di Indonesia. Makanan cepat saji ini tidak baik untuk dikonsumsi, terlebih untuk anak-anak. Pada proses pembuatan daging di burger, terdapat resiko tinggi akan kontaminasi daging yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyebab obesitas. Maka dari itu lebih baik menghindari makanan cepat saji ini.
  • Sereal, Sereal merupakan makanan/ sarapan pagi yang simple, mudah, dan cepat dalam penyajian orang tua kepada anak pada pagi hari. Orang tua menganggap makanan ini menyehatkan dan mudah disajikan pada pagi hari. Sebenarnya sereal mengandung serat yang sangat rendah dan gula yang gerlalu banyak. Sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.  
Jadi makanan dan minuman diatas tidak baik untuk kesehatan anak. Anak merupakan prioritas utama dalam hidup, buah hati yang paling tersayang. Selain makanan dan minuman diatas juga terdapat makanan dan minuman lain yang tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya orang tua lebh selektif dan teliti dalam memilih makanan dan minuman untuk anak. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa lagi #salamcoretan. 


No comments:

Post a Comment