Monday 3 October 2016

Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh


Doktorsehat007-Berpuasa merupakan salah satu aktivitas yang  banyak akan manfaatnya. Dengan berpuasa membuat tubuh lebih sehat dan tampak bugar. Selain sebagai beribadah kepada Tuhan juga memberikan dampak positif terhadap tubuh berupa sehat. Berikut manfaat dari berpuasa bagi tubuh :


Meningkatkan Kemampuan Otak, Puasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stres.
Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah, Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Berpuasa memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung, ketika berpuasa, tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang bagik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Mengurangi Kebiasaan Buruk, Berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan buruk. Selama kegiatan berpuasa dapat menghentikan kebiasaan seperti merokok dan makan makanan yang manis.
Mengontrol Berat Badan, Berpuasa dapat membuat tubuh untuk lebih mudah menurunkan berat badan. Tidak perlu melakukan diet yang berlebih untuk menurunkan berat badan. Dengan makan makanan secukupnya dan tetap mengonsumsi makanan yang sehat selama berpuasa.

Mencegah Diabetes, Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.
Menyehatkan Ginjal, Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.
Mengeluarkan Racun, Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau mendetoksifikasi. Selama berpuasa, Anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadangan lemak untuk mendapatkan energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.
Meremajakan Sel-sel Tubuh, Meremajakan sel-sel dari tubuh merupakan manfaat yang tersembunyi. Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.

Meningkatkan Fungsi Organ, Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringa, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi oragan sesuai fungsinya masing-masing.

Meningkatkan Fungsi Organ Reproduksi, Puasa dapat meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya.
Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Pada saat berpuasa, tubuh akan lemas yang menurut beberapa orang akan menjadi lebih mudah sakit. Hal ini salah dan ternyata puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit bahkan sampai 10 kali lipat dalam tubuh, hal ini dapat memberikan pengaruh yang besar dan baik terhadap sistem kekebalan tubuh, sehingga puasa dapat menghindarkan dari berbagai virus.


Sekian manfaat dari berpuasa. Selain sebagai beribadah kepada Tuhan dan mendapatkan pahala juga dapat menyehatkan tubuh. Jadi mulai lah besik dengan berpuasa. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa lagi #salamcoretan.

No comments:

Post a Comment