Sunday 2 October 2016

Makanan-makanan Sehat untuk ANAK



Doktorsehat007-Masa pertumbuhan dari bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang perkembangan anak, termasuk juga perkembangan kecerdasan otaknya.  Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, mulai dari faktor keturunan, lingkungan dan pastinya asupan makanan yang ia peroleh.

Usia anak antara dua sampai 12 tahun adalah usia dimana mereka tumbuh lebih cepat, sehingga sangat penting untuk diberi makanan yang benar dan dengan cara yang dengan benar. Selama tahun-tahun penting perkembangan anak tersebut, makanan yang diberikan kepada anak haruslah menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin yang penting untuk mereka pertumbuhan dan perkembangan mereka.


Berikut makanan yang sehat untuk anak :
  1. Telur, Telur sangat tinggi protein dan vitamin, dan telur adalah salah satu makanan sumber kolin paling banyak, yaitu nutrisi penting yang membantu perkembangan otak. Telur bisa direbus, goreng , orak-arik, atau untuk membuat omelet. Juga bisa ditambahkan kedalam sup, bubur, saus, nasi dan mie, atau dibuat makanan penutup seperti puding.
  2. Susu, Susu sapi murni Susu sapi adalah sumber kalsium dan fosfor yang baik, yaitu jenis mineral yang penting untuk membangun tulang dan otot usia anak-anak. Berikan susu dengan lemak(jangan susu skim atau rendah lemak), jika anak Anda belum berusia dua tahun, kecuali anak kelebihan berat badan. Susu untuk sarapan yang cepat dan mudah, sajikan dengan sereal atau cookies, atau mencampur dengan buah-buahan.
  3. Selai Kacang, Kacang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal, juga menyediakan energi dan protein untuk anak-anak.Namun, beberapa produk selai mungkin mengandung garam, gula, minyak sawit, dan lemak terhidrogenasi, yang mengurangi kualitas gizi.
  4. Brokoli, Brokoli sarat dengan nutrisi, yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan mata dan mencegah kerusakan sel. Sayuran ini juga menyediakan banyak serat yang bermanfaat meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.Bahkan brokoli menempati urutan pertama sebagai sayuran yang paling bergizi sedunia. 
  5. Gandum, Gandum bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit .Berikan anak sereal gandum dan biskuit gandum untuk camilan.
  6. Ikan, Ikan juga kaya akan protein, dan membantu untuk membangun otot dan tulang yang sehat. Ikan berminyak seperti salmon, tuna, dan sarden, juga mengandung asam lemak omega 3 dalam jumlah tinggi, yang berguna untuk mendukung perkembangan mata, otak dan saraf. 
  7. Daging, Daging kaya akan protein dan zat besi. Zat Besi berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, dan mendukung sistem kekebalan tubuh anak.Pilihlah potongan daging yang lunak, dicincang atau dipotong kecil-kecil.Campur daging sapi cincang, ayam atau ikan dengan tahu, telur, remah roti, atau kentang tumbuk. 
  8. Keju, Keju sangat banyak menyediakan protein, kalsium, fosfor dan vitamin D , sehingga keju sangat bagus untuk pertumbuhan tulang yang sehat. 
Sekian makanan-makanan yang baik dan sehat untuk anak. Selalu anak yang diprioritaskan dalam hidup, karena anak adalah segalanya bagi keluarga. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa lagi #salamcoretan.

No comments:

Post a Comment