Friday 30 September 2016

Manfaat Sehat Mentimun


Doktorsehat007-Mentimun dengan bahasa latin Cucumis sativus, merupakan buah yang kaya akan vitamin dan manfaatnya. Mentimun memiliki kandungan air yang banyak dan menyegarkan apabila dikonsumsi. Mengkonsumsi mentimun setiap harinya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Mentimun bisa juga digunakan sebagai obat, obat jerawat. Dengan cara dipotong-potong dan ditempelkan atau di parut seperti masker. Dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalori mentimun sangat rendah, dan memiliki banyak nutrisi daripada hanya sekedar air dan elektrolit. Bahkan hampir semua nutrisi dalam menitmun dapat bermanfaat sebagai salah satu cara diet, dengan mengkonsumsinya. Manfaat dalam mentimun sangat banyak dan bermacam-macam diantaranya : 

Kulit mentimun mengandung serat yang tinggi, Serat didalam kulit mentimun dapat membantu untuk mengurangi gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung dan usus. Sangat disarankan untuk penderita penyakit pencernaan.

Kulit mentimun rendah kalori, Rendahnya kalori pada kulit mentimun hanya 15 g kalori per 100 g. Tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Memperbaiki kulit, Dengan mengkonsumsi mentimun secara tidak langsung dapat merawat kulit. Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Terdapat kandungan air yang tinggi seperti : vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, dan silika.

Kesehatan sendi, Kandungan silika dalam mentimun yang dapat memberikan kesehatan bagi sendi dan memperkuat jaringan ikat.

Dapat Membunuh Cacing Pita, Biji pada mentimun dapat menjdai obat alami untuk mengusir cacing pita di usus. Bahkan biji mentimun juga bermanfaat sebagai anti inflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir dan tenggorokan.

Mengobati Sakit Gigi, Sakit gigi khususnya pyorrhea dapat diobati secara efektif dengan mengkonsumsi mentimun atau membuat mentimun menjadi jus. Mentimun juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisir asam dan basa dalam rongga mulut.

Mengobati Diabetes, Jus mentimun dapat membantu kesehatan dari penyakit diabetes. Kandungan mineral dalam mentimun bermanfaat sintesis insulin alami dalam tubuh.



Menyuburkan Rambut, Mentimun mengandung silika. Jus mentimun yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada dapat membantu penyuburan rambut. Metode yang mudah dalam menyuburkan rambut.

Dapat Menyembukan Penyakit Kandungan Kemih dan Ginjal, Mentimun diyakini dapat menyembukan penyakit kandungan kemih dan ginjal. Kandungan air pada mentimun membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Dengan mengkonsumsi mentimun secar teratur dapat membantu melarutkan penyakit batu ginjal.

Sekian manfaat yang banyak terkandung dalam mentimun. Sebenarnya masih banyak manfaat dalam mengkonsumsi mentimun yang belum digali. Jadi jangan lupa mengkonsumsi mentimun setiap hari secara teratur. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa lagi #salamcoretan.

No comments:

Post a Comment