Wednesday 28 September 2016

Dampak Mengkomsumsi Makanan Cepat Saji





Doktorsehat007-Lezat apakah sehat? Bagaimana dengan makanan cepat saji? Makanan cepat saji berupa Burger, Kentang, Kentucky, maupun lain-lain nya. Makanan yang menarik, mudah, dan cepat didapatkan. Makanan ini merupakan makanan yang mayoritas dimakan oleh kebanyakan orang di dunia. Pada dasarnya makanan ini memiliki dampak yang lumayan bagi tubuh kita. Damapak tersebut berakibat tidakbaik pada tubuh. Dampak baik nya pastinya kenyang saat mengkonsumsinya, bagaimana dampak buruknya? Dampak buruk dari makanan saji antara lainnya :


Kinerja Otak Melambat
Lemak dari makanan cepat saji dapat menumpuk pada otak yang dapat menyekat sistem saraf anda. Merupakan salah satu faktor obesitas pada anak-anak yang dapat melambankan pemikiran otak.

Stress/ Depresi
Makanan cepat saji mengandung zat aditif yang berakibat rentan terhadap ketidakseimbangnya hormon. Salah satu faktor depresi yang berakibat pada remaja.

Ketagihan
Ketagihan disini dimaksudkan makanan cepat saji mengandung zat aditif yang membuat anda terangsang untuk selalu merasa ingin dan ingin mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini dapat mengundang anda untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Obesitas
Merupakan salah satu faktor yang sangat fenomenal pada makanan cepat saji. Kandungan lemak trans pada makanan cepat saji menyebabkan berat badan tidak terkendali dan dapat menjadi timbunan yang tidak sehat.

Tidak Sehat pada Jantung
Lemak trans pada makanan cepat saji dapat menyumbat arteri dan dapat menyebabkan penyakit jantung. Sangat tidak baik untuk kesehatan bagi jantung kita.

Tidak Baik pada Jangka Panjang
Pada jangka panjang sangat berpengaruh pada tubuh. Tidak terlihat lambat laun akan berakibat buruk bagi tubuh. Dengan pengolahan yang serba instan dan tidak alami dapat menyebabkan penyakit dalam jangka panjang.

Dalam makanan cepat saji juga terdapat zat-zat yang berbahaya. Zat-zat tersebut antara lain :
Monosodium Glutamate, merupakan penyedap rasa berupa garam natrium dari asam glutamate atau MSG.
Anti Kempal, merupakan zat aditif yang dapat mencegah pengempalan makanan pada tubuh dalam berupa serbuk.Salah satu contoh anti kempal alumunium silikat atau susu bubuk.
Pemutih dan Pematang Tepung, merupakan zat aditif ini dapat mempercepat proses dari pemutihan dan pematangan tepung yang dapat memperbaiki mutu tepung.

Sekian dampak dari makanan cepat saji. Enak dan lezat, tetapi apakah baik untuk kesehatan? Lebih baik diganti dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa lagi #salamcoretan.

No comments:

Post a Comment